[Trans INA] 130722 Interview BTS @ CUVISM Magazine


source: Cuvism Magazine
engsub: christie @ bts-trans
inasub: bts_ina
TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!

Idol yang bertanya tentang mimpimu, “What’s your Dream?”, BANGTAN! Musik mereka sangat unik! Mereka berkontribusi langsung dalam aransemen dan lirik, yang dibuat seperti dialog dengan pendengarnya. Kenapa musik mereka sangat atraktif? Apa karena karena musiknya lebih serius dari image boy scout mereka? Belum genap sebulan sejak debut, mereka sudah mendapat banyak penggemar dengan slogan yang ambisius, “Block out the world’s bullets”, menghadapi semua rintangan dunia!. Mari kita dengarkan wawancara dengan idol yang berkeinginan mencoba segala jenis musik dengan hiphop sebagai basic.

Grup yang sangat identik dengan musik, Bangtan.

Q) Halo, silakan perkenalkan diri
Rap Monster: Halo, saya RapMon, 20 tahun. Leader dan rapper.
V: Halo, saya V, 19 tahun, vokalis
Jimin: Halo, saya Jimin, 19 tahun, dancer dan vokalis.
Suga: Halo, saya Suga 21 tahun, rapper
J-Hope: Halo, saya J-Hope 20 tahun, dancer, vokalis, rapper
Jungkook: Halo, saya Jungkook, dancer, vokalis, rapper
Jin: Halo, saya Jin 22 tahun, vokalis.

Q) Nama grup kalian berarti “to block out the world’s bullets”  menghadapi semua rintangan dunia, sangat unik! Apa artinya buat kalian? 
V: Saat mendengar kata “Bangtan” dua tahun lalu, itu sangat aneh, aku terus berpikir, “Apa ini? Ah, mungkin hanya nama sementara dan akan dirubah saat debut.” Tapi lama kelamaan aku suka dengan “Bangtan” dan itu sangat tepat buat kami.
Rap Monster: Ada banyak calon nama grup yang lain, tapi “Bangtan” lah yang terbaik.

Q) Apa saja calon nama grupnya?
Suga: Big Kids, Young Nation. Sekarang aku suka “Bangtan” dan sangat sesuai dengan kami.

Q) Saya penasaran dengan arti nama panggung kalian 
V: Nama saya dipilih paling terakhir. Six, Lex, V adalah pilihnnya, tapi PD bilang V lebih cocok untukku. Jadi aku pilih V yang berarti Victory, kemenangan.
Rap Monster: Tahun 2011 aku membuat lagu dan di bagian akhirnya aku berteriak “Rap Monster!” Aku tidak menduga bahwa nama itu cukup berkesan. Orang- orang di studio memanggilku itu dan akhirnya menjadi nama panggilanku.
Jimin: Aku memakai nama asliku. Awalnya aku akan memakai nama panggung dan sudah ada beberapa pilihan. Tadinya diberi pilihan Baby J atau Kid. Tapi kurasa Jimin lebih baik.
Suga: Kulitku putih dan saat tersemyum aku sangat manis. Sugar, manis, aku ingin mempromosikan diri dengan cara yang manis.
J-Hope: Namaku sangat pernuh arti daripada nama member yang lain. Ibarat kotak pandora, saat tidak ada satupun yang tersisa, melainkan hanya ada harapan. Aku berkeinginan menjadi yang penuh harapan di dalam grup. J diambil dari nama keluargaku, Jung.
Jungkook: Karena berasal dari Busan, aku diberi pilihan nama “Seagull”. Tapi akhirnya aku memilih Jungkook.
Jin: PD bilang, nama akhirku “JIN” mempunyai karakter yang kuat, jadi aku memilih karakter terakhir namaku, Jin.

Q) Bagaimana kalian bisa menjadi member Bangtan? Aku dengar Jin adalah siswa jurusan seni peran dan masuk grup melalui casting film. Kenapa akhirnya kamu mengambil pilihan untuk jadi penyanyi?
Jin: Aku ingin mencoba banyak hal. Kita bisa menjadi idol di usia muda dan kita bisa lebih mudah menjadi actor kalau kita seorang Idol, karena itulah aku memilih menjadi penyanyi.

Q) Apa tidak sulit untuk seorang aktor berlatih menjadi idol?
 Jin: Tentu saja awalnya kurasa sulit. Tapi teman-teman banyak membantuku dan menyarankan banyak lagu untuk kudengarkan, jadi semuanya menjadi mudah.
Suga: Hyung memang sangat tertarik dengan hiphop, jadi kurasa tidak terlalu sulit untuknya menjadi idol.

Q)Kudengar RapMon adalah musisi underground dengan nama panggung Runch Randa dan juga bagian dari grup DaeNamHyup. Pernah berkolaborasi dengan Block B’s Zico.
Rap Monster: Tahun 2008, aku dan Zico hyung ada di grup lain, bukan DaeNamHyup. Saat itu kami masih pendatang baru dan karena punya banyak persamaan dalam bermusik, kami berkolaborasi. Sebenarnya lagu itu sudah lama hilang dari kalangan musisi underground, aku tak tahu kenapa tiba-tiba muncul dan menjadi toopik hangat fans. Aku sangat senang, karena berarti ada yang menyukai lagu itu.

Q) Kamu juga sangat pintar.
Rap Monster: Rap adalah salah satu caraku untuk mengobati stres dalam belajar. Dulu aku sangat giat belajar dan tidak punya impian tertentu. Aku pikir aku pasti sukses-sukses saja karena rajin belajar, tidak ada cita-cita tertentu. Pengalaman masa laluku ini aku bagikan dalam lagu “No More Dream”

Q) J-Hope dulunya bagian dari tim dancer NEURON.
J-Hope: Saat bergabung dengan grup itu, aku lebih banyak menampilkan dance”popping”. Aku ahli “Boogaloos” dan mendapat banyak perhargaan. Jika RapMon terkenal sebagai rapper underground, aku terkenal sebagai dancer underground.

Q) Kalau begitu, kemampuan dance mu sangat membantu penampilan di Bangtan?
J-Hope: Ya. Kami bebas melakukan koreografi, dan di bagian dance break lagu “We Are Bulletproof Pt.2″, aku menampilkan keahlianku, sehingga grup kami tetap menampilkan dance yang bagus.
Rap Monster: Saat masih trainee, J-Hope lah yang mengajari kami menari. Dia yang paling ahli dalam tari.

Q) Jimin dan V masuk BigHit setelah lolos audisi. Bagaimana pengalaman audisi kalian?
Jimin: Itu adalah audisi pertamaku. Aku sangat gemetar saat masuk ke ruang audisi. Suaraku bahkan ikut bergetar saat menyanyi. Tapi saat menari, aku sangat percaya diri.

Q) Apa yang kamu nyanyikan?
Rap Monster: Aha, aku akan mengetahuimya sekarang
Jimin: Hyung, aku sudah menceritakannya padamu. Aku menyanyikan “I Have a Lover”. Saat itu aku belum terlalu mahir dalam vokal, jadi aku tak tahu lagu apa yang pas untuk aku nyanyikan.
Rap Monster: Lagu yang dia pilih adalah lagu pilihan pertama untuk karaoke anak SMP.

Q) V, kamu menyanyikan lagu apa?
V: Aku sebenarnya tidak diijinkan orangtua, jadi aku tidak pernah berencana untuk ikut audisi. Saat aku jalan-jalan di sekitar tempat latihan, ada seorang noona dari tim debut yang menyuruhku untuk ikut audisi. Noona itu lalu menelepon orangtuaku, dan setelah mendapat ijin dari mereka, aku ikut audisi. Ternyata aku satu-satunya dari Daegu yang lolos audisi. Aku tidak gugup sama sekali dan hanya berpikit “Let’s Try!”

Q) Jungkook, kamu masuk grup setelah ikut audisi Superstar K3 
Jungkook: Saat kelas tujuh, aku ingin menjadi penyanyi karena mengidolakan G-Dragon. Di kelas 8,  saat sedang audisi Superstar K3, BigHit merekrutku dan akhirnya aku masuk grup Bangtan.

Q) Jadi kamu tidak meneruskan audisi Superstar K3 setelah ada tawaran BigHit?
Jungkook: Aku tereleminasi. Lagipula, walau aku lolos Superstar K3, aku tetap akan memilih BigHit.
All: Ooh~
Rap Monster: Ya, yang penting sekarang kau sudah debut.

Q) Dalam lagu “No More Dream” kalian sangat menghenyak publik dan seolah-olah menyadarkan para pendengar. Selain merupakan hiphop idol, apa keistimewaan lain grup ini?
Rap Monster: Menurutku yang paling istimewa adalah, kami berkontribusi besar dalam memproduksi lagu dan bahkan menulis sendiri lirik-liriknya. Hal lainnya, para member, kecuali aku, sangat muda, cute, dan maskulin. Walau kami terlihat cute, kami mempunyai image yang lebih kuat. Dalam lirik lagu, kami menyampaikan pesan untuk melawan penindasan, yang memberikan kesan sangat tangguh. Aku rasa fans wanita sangat suka dengan image tangguh itu. Kami juga lebih mengkhususkan diri untuk hiphop.

Q) Lirik “No More Dream” sangat menarik, menceritakan banyak hal tentang impian. Sebenarnya, apa tujuan bermusik dari Bangtan?
Suga: Dengan hiphop, dan juga jenis musik lain, kami ingin menciptakan musik dimana orang-orang dengan umur belasan dan duapuluhan dapat menyukainya.

Q) Darimana kalian mendapat inspirasi menulis lirik?
J-Hope: Inspirasi bisa didapat dari kegiatan sehari-hari. Ada banyak hal yang bisa kita buat menjadi lirik lagu, saat sekarang melakukan wawancara, saat di ruang latihan, bahkan saat makanan. Kami terbiasa untuk menulis hal-hal remeh. Dalam lagu “좋아요” (Like), kami menceritakan tentang seseorang yang stalking mantan pacarnya dan pura-pura gengsi untuk klik like. Ya, seperti itulah, kami menulis tentang hal-hal remah dan tak terduga.
Suga: Kadangkala, apa yang kita anggap remeh justru bisa menjadi sumber inspirasi yang bagus. Kami bahkan mendapat inspirasi dari ketidaksengajaan, seperti saat menulis lagu “좋아요” dan “No More Dream”

Q) Dalam irik lagu 팔도강산 terdapat berbagai dialek daerah. Pasti yang menulisnya adalah para member dari daerah. 
Suga: Tahun 2010, aku masuk grup melalui audisi bernama “Hit It”. Lalu tahun 2011, ada rencana untuk menambah satu anggota Bangtan lagi dan kemudian kami membuat 팔도강산 untuk mempromosikan audisinya. Karena audisinya berskala nasional, maka kami menuliskan berbagai dialek. Aku memasukkan dialek Gyeongsang-do, J-Hope dialek Jeolla-do, dan RapMon menulis lirik dalam bahasa standar. Sepertinya, orang-orang banyak menyukai lagu itu.

Q)Semua member menulis lirik dan juga aransemen. Jenis musik apa yang ingin kalian ciptakan?
Rap Monster: Yang pasti tetap musik hiphop. Hiphop mudah dikolaborasikan dengan jenis musik lainnya.
Suga: Aku ingin membuat musik yang ceritanya mudah dipahami. Saat ini jarang sekali ada musik yang sesuai untuk kalangan remaja. Aku yakin bahwa musik bertujuan untuk mengirimkan pesan dan membawa makan bagi pendengarnya.

Q) Siapa musisi yang kalian idolakan dan membuat kalian ingin menjadi penyanyi?
Jin: Bigbang TOP merupakan figur yang sukses sebagai idol dan aktor.
Jungkook: G-Dragon. Untuk musisi barat, aku suka Justin Bieber. Suaranya sangat bagus dan dia punya nada khas.
J-Hope: Beenzino, musisi underground. Untuk musisi baratnya A$AP Rocky yang selain menginspirasi muskku, juga menginspirasi fashion style.
Suga: Aku menyukai musik setelah mendengarkan Stony Skunk’s “Ragga Muffin” and Epik High’s “Fly”. Lagu itu sangat menginspirasiku ketika remaja.Untuk musisi baratnya, aku sangat mengidolakan T.I dan Kanye West.
Jimin: Aku sangat mengidolakan Bigbang Taeyang dan Chris Brown. Penampilan dan vokal mereka sangat bagus dan aku ingin menjadi sepertii mereka.
Rap Monster: Sebagai rapper, aku sangat menyukai NAS. Baru dua tahun lalu aku menyukai Kanye West. Aku ingin menjadi seperti dia yang menciptakan tren.
V: Panutanku adalah The Weeknd is my role model. Tidak hanya punya kemampuan vokal yang hebat, kemampuan groove dan rhythm nya sangat bagus.


Q) Apa tujuan dan rencanamu ke depan?
Rap Monster: Kami hanya akan terus bertahan dan hal itu dibuktikan dengan mendapat penghargaan pendatang baru terbaik. Mudah-mudahan kami mendapat penghargaan itu. Sebagai pendatang baru, tentu saja kami sangat mengharapkan penghargaan itu.
Suga: Yang paling penting, kami ingin membuat musik yang digemari banyak orang.

Lifestyle Bangtan

Q) Apa aktivitas rutin kalian?
All: Kami tidak melakukan apa-apa, hahaha…
Suga: Pagi hari kami pergi ke studio, lalu manggung, kembali ke studio, dan latihan sepanjang malam. Itu saja yang kami lakukan.
Rap Monster: Jawaban kami pasti akan sama. Kami sangat semangat untuk mencoba banyak hal. Staff pernah menasehati kami bahwa penderitaan kami selama tiga tahun ini akan berbuah manis, maka kami terus menerus berlatih dan bekerja untuk mendapat hasil yang manis itu.
Suga: Jika ada jadwal manggung, kami akan berlatih dulu selama dua jam. Jika ada waktu lebih, para vokalis akan berlatih vokal. Kadangkala kami berkumpul bersama untuk membuat lagu baru.

Q) Kalian sangat aktif di social media
Rap Monster: Kami hanya ingin berkomunikasi dengan fans. Kami ingin menjadi idol yang ramah dan dekat dengan fans. Kami ingin fans tahu apa aktivitas kami dan juga lagu yang kami dengarkan.
Suga: Aku sering me-upload foto dengan pose-pose aneh. Kadangkala saat latihan secara tidak sadar kami membuat gerakan – gerakan konyol. Mungkin orang akan bertanya-tanya siapa ini? Aku hanya ingin fans merasa idol juga orang biasa dan mudah berkomunikasi dengan mereka.

Q) Kalian selalu bersama-sama dan tinggal satu dorm. Ada pengalaman lucu?
Jin: Menurut member, aku sering mengigau.
Suga: Jin hyung bahkan menyanyikan lagu 좋아요” (Like) dalam tidurnya. Aku pikir, dia sangat rajin sampai-sampai berlatih vokal di alam mimpi, hahaha.
Jin: biasanya aku tidur dengan tenang. Mengigau adalah kebiasaan baru.
Rap Monster: Baru-baru ini aku mimpi sedang dikejar-kejar orang yang membawa pisau. Aku seringkali mimpi seram dan kata orang mimpi itu berkebalikan dengan dunia nyata. Berarti sebenarnya saat aku mimpi dikejar-kejar, ada orang yang tidur sangat dekat denganku.
Jin: Kami makan banyak buah-buahan dan hal ini membuat lalat berdatangan. Kami tidak bisa menyemprot anti serangga karena kan mencemari makanan, tapi akhirnya Jungkook membasmi mereka dengan cara disedot oleh vacuum cleaner.
Rap Monster: Ya, itu keahlian Jungkook, haha.
Jin: Vacuum cleaner sangat ampuh mengusir lalat, hahaha….
Jimin: Saat itu aku sedang mandi, lalu mendengar bunyi vacuum cleaner, ternyata untuk mengusir lalat, haha…
Jungkook: Aku saat itu hanya berpikir bagaimana caranya mengusir lalat-lat ini, lalu tidak sengaja melihat vacuum cleaner dan Ahaa…

Q) Apa tugas kalian di dorm? 
Rap Monster: Aku sangat mudah merusakkan sesuatu. Kursi ini juga mungkin sebentar lagi rusak. Kacamata-kacamata yang aku pakai juga sering rusak. Julukanku “God of Destruction”.
Suga: Aku yang memperbaiki apa yang RapMon rusakkan. Memperbaiki lampu, toilet, gagang pintu.
Jin: Tugasku adalah merapikan dapur. Setelah pulang dari supermarket, member hanya meletakkan belanjaan begitu saja, jadi akulah yang meletakkan belanjaan ke lemari atau kulkas. Aku juga mengecek makanan-makanan basi dan membuangnya.
Suga: Jin itu calon suami idaman, hahaha..


Q) Apa kehebatan kalian?
Jin: Aku makan banyak.
Jimin: Jin hyung tidak pernah kenyang
Jin: Aku pernah makan bersama keluarga dan mereka harus menunggu dua setengah jam karena aku belum merasa kenyang. Tapi saat selesai, aku tidak bisa berdiri karena kekenyangan.
Suga: Walau begitu, Jin hyung sangat menjaga berat badan dan juga makan makanan bergizi. Jadi kami tidak khawatir dengan pola makannya.
V: Saat makan coklat, aku dapat mengeskpresikan kelezatannya melalui suara dan ekspresi.
Jimin: Kami semua suka makan.

Q) Bagaimana tentang kepribadian member? Siapa yang punya kepribadian paling kuat?
All: V!
Suga: Orang bilang, yang punya golongan darah AB bisa jadi sangat jenius atau bahkan sangat bodoh. V itu gabungan keduanya.
Rap Monster: V itu 10% jenius dan 90% idiot, hahaha…
Suga: Dia sering membuatku heran, “kenapa dia berpikir seperti itu?”
Jimin: Kadangkala dia lebih manja daripada maknae.
Suga: Kadangkala juga dia memberi ide bagus dan membuat kami tercengang.

Q) Pesan untuk pembaca Cuvism Magazine’s. 

Jimin: Jangan lupa untuk terus memperhatikan dan memberi kami semangat.
Suga: kami akan terus berkarya dan membuat musik yang bagus.
Rap Monster: Aku selalu mengingatkan, bahwa kami adalah hiphop! Kami akan mengubah stigma para idol dan akan terus membuktikan bahwa kami sangat cinta hiphop. Kami akan bekerja keras!

4 thoughts on “[Trans INA] 130722 Interview BTS @ CUVISM Magazine

Leave a Reply

